ANALISIS PENGARUH KEPUASAN PELAYANAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA BANK PADA PT BANK DAGANG NEGARA (BNI) CABANG PALANGKA RAYA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Pamungkur Pamungkur Sunarmie Sunarmie

Abstrak

Abstrak


Tujuan penelitian (a) menganalisa kesesuaian antara tingkat kepentingan unsur-unsur pelayanan menurut pelanggan/nasabah dengan kinerja yang telah dilakukan oleh Bank BNI Cabang Palangka Raya. (b)  menganalisa kepuasan  dari  nasabah  terhadap  pelayanan  yang telah diberikan sehingga membantu kinerja Bank BNI Cabang Palangka Raya agar tercapai peningkatan kualitas yang baik melalui penentuan proritas yang utama.


Data kualitatif yang diangkakan (skoring) dalam skala pengukuran. Suatu pernyataan atau pertanyaan yang memerlukan alternatif jawaban, misalnya: sangat puas, puas, kurang puas, atau tidak puas, yang masing-masing diberi bobot angka 4 (empat), 3 (tiga), 2 (dua), dan 1 (satu).


Hasil penelitian menunjukan Faktor-faktor yang menjadi prioritas utama atau pada Kuadran IV pada diagram kartesius yang harus dilaksanakan sesuai dengan harapan nasabah antara lain: Perhatian   teller   kepada   nasabah,   Kesungguhan   semua   karyawan   melayani nasabah, Waktu menunggu di antrian ATM, Keberadaan mesin ATM, Tingkat suku bunga yang diberikan bank selama ini.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

BBP: Bank Brand Performance, 1999

Kotler Philip, 1997, Manajemen Pemasaran Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta. Kolter

Novel Muhamad, AM, Menggali Potensi Diri Meningkatkan Kepuasan Nasabah, Warta Bank BNI Nomor 1 April 2021.

O.P Simorangir, 1979, Dasar-dasar Mekanisme Perbankan, Aksara Persada Press, Jakarta.

Philip dan Amstrong Garya, 1997, Dasar- Dasar Pemasaran, PT Prenhallindo, Jakarta

Santoso, S., 2000, SPSS Statistik Parametrik, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sejoseno Aji Haryo R, 2019, Analisis Sikap Konumen Terhadap keputusan Menjadi Nasabah PT. Bank BNI (Persero) Cabang Sleman, Tesis tidak dipublukasikan, Yogyakarta.

Sulistiono, Puji, 2021, Indikator Kepuasan Pelanggan Dalam Upaya Pemenuhan Elemen-elemen ISO 9001:2000, Tesis, Yogyakarta.

Supranto, J., 1992, Teknik Sampling Untuk Survei dan Eksperimen, Rineka Cipta, Jakarta.

Supranto, J., 1997, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta.

Usmara.A, 2003. Strategi Baru Manajemen Pemasaran, Amara Books, Yogyakarta.