PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFE (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN ANGKATAN 2019 STIENAS BANJARMASIN)
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian di Cafe (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2019 STIENAS Banjarmasin).
Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2019 STIENAS Banjarmasin yang berjumlah 137 orang. Kriteria mahasiswa yang telah melakukan kunjungan di café sekurang-kurangnya minimal 2 kali. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 35 orang responden. Pengolahan analisis data menggunakan SPSS for Windows versi 26 dengan uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian menemukan bahwa Nilai t hitung variabel citra merek adalah sebesar 3,360 > ttabel sebesar 1.692 dengan tingkat signifikasi 0,002 < 0,05 sehingga dapat artikan bahwa variabel citra merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di café. Nilai t hitung variabel harga adalah sebesar 2,109 > ttabel sebesar 1.692 dengan tingkat signifikasi 0,043 < 0,05 sehingga dapat artikan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian di Café. Nilai Fhitung dalam penelitian ini sebesar 14,262 jika dibandingkan dengan nilai Ftabel sebesar 3,28 maka terlihat bahwa Fhitung > Ftabel (14,262 > 3,28) dan diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima.
Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Citra Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Cafe (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2019 STIENAS Banjarmasin). (2) Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Cafe (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2019 STIENAS Banjarmasin). (3) Citra Merek dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Cafe (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2019 STIENAS Banjarmasin).
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Referensi
Ayelign, A. K. (2013). Determination of Chlorogenic Acids (CGA) in Coffee Beans Using HPLC. American Journal of Research Communication.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kasnaeny, K. S. (2013). Hedonic and Utilitarian Motives of Coffee Shop Customer in Makassar, Indonesia. . European Journal of Business and Management.
Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Limakrisna, S. d. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Supranto, J. (2000). Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: PT Rineka Cipta.
STIE Nasional. (2023) Pedoman Teknik Penulisan Skripsi. Banjarmasin: STIE Nasional
Tjiptono, F. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
