ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN SARANG BURUNG WALET DI KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dalam hal ini kualitas sarang burung walet, sekaligus menganalisis strategi pemasaran sarang burung walet di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.
Pengambilan data menggunakan teknik wawancara terhadap 6 pengusaha sarang burung walet yang diambil dari 23 pengusaha terhitung dari tahun 2017-2021 di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarang burung walet digolongkan menjadi kualitas tinggi, kualitas menengah, dan kualitas rendah. Kualitas berdasarkan warna, kebersihan, bentuk, dan kelembaban sarang burung walet ikut menentukan harga dari sarang burung walet tersebut. Strategi pemasaran sarang burung walet di Kecamatan Pelaihari menggunakan sistem komunitas untuk jalur penjualan, face to face untuk bertransaksi penjualan, harga pasar menjadi patokan penjualan, dan tidak ada penetapan ketersediaan produk.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Referensi
Artanto, S. F., & Khalikussabir, K. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sarang Burung Walet Di Delta Walet Kota Muara Teweh. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(08). Diambil kembali dari riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/viewFile/17670/13356
Chayaning, M. W., & Anshori, I. (2022). STRATEGI PEMASARAN SARANG BURUNG WALET DI LAMONGAN MELALUI KARAKTERISTIK KERJA. Jurnal Bisnis Terapan, 6(1), 53-62. Diambil kembali dari https://journal.ubaya.ac.id/index.php/JIBT/article/view/4821
Himawan, P., & Rahayu, S. (2019). Pengendalian Kualitas Sarang Burung Walet di CV LVS Probolinggo dengan Menggunakan New Seven Tools. CALYPTRA, 7(2), 2860-2870. Diambil kembali dari https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3544
Joko Bagio Santoso, J. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16.
Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Kurniati, D., & Dolorosa, E. (. (2013). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Usaha Agribisnis Sarang Burung Walet di Kota Pontianak. Jurnal IPREKAS - Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa. Diambil kembali dari www.repository.polnep.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/108/dewi%20kurniati,eva%20dolorosa.pdf?sequence=1
Martini, A. N., Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone oppo di kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 29-39.
Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1).
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75-82.
Putra, G. P., & Sunarti, S. (2017, July 1). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 48(1). Diambil kembali dari https://media.neliti.com/media/publications/88103-ID-pengaruh-kualitas-produk-terhadap-keputu.pdf
Sumaila, D. O., Dumais, J. N., & Tangkere, E. G. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Produk Share Tea di Manado Town Square 3 Kota Manado. AGRI-SOSIOEKONOMI, 14(2), 67-76.
Sutrsino, A., N. A., Widodo, J., & Zulianto, M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk RM Ayam Bakar Wong Solo Jember. URNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 259-263.
Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Warisman, B. W., Ilham, W., & Asysyifa, A. (2020). ANALISIS KEKURANGAN DAN KELEBIHAN DARI USAHA SARANG BURUNG WALET DI KELURAHAN ANGSAU KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT. Jurnal Sylva Scienteae, 3(4), 594-601. Diambil kembali dari ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jss/article/download/2342/1903
Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Widodo, S., & Hasanah, E. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Perangkat Parkir Pada PT Tri Wahana Solusindo. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 2(2), 126-139. Diambil kembali dari https://core.ac.uk/download/pdf/337610814.pdf
