KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PRODUK KOSMETIK WARDAH CABANG BANJARMASIN (STUDI KASUS PADA TOKO GUARDIAN Q-MALL BANJARBARU)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Angga Ifanka Rizki Amalia Afriana

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel kualitas produk (kinerja, keandalan, fitur, daya tahan, kesesuaian, dan desain) berperan dalam kepuasan pelanggan produk Wardah dan untuk mengetahui variabel kualitas produk (kinerja, keandalan, fitur, daya tahan, kesesuaian, dan desain), yang mana yang paling besar peranannya dalam kepuasan pelanggan produk Wardah..


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode ini penulis dapat mengetahui sejauhmana pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan produk kosmetik Wardah terhadap para kosnumen.


Hasil dari penelitian diketahui bahwa masalah pada Toko Guardian Q-Mall Banjarbaru adalah selama ini produk Wardah mengalami penurunan penjualan yang disebabkan kualitas produk edisi terbaru yang masih banyak belum diketahui dan dirasakan pelanggan dan merasa tidak puas dengan kualitas produk kosmetik edisi terbaru. Simpulan berdasarkan kuesioner, variabel bentuk, ketepatan dan kesesuaian, gaya, desain merupakan variabel yang berperan dalam kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil jawaban apakah produk Wardah memiliki bentuk kemasan yang berbeda dengan produk lain, 82% responden menjawab Tidak, hasil yang diberikan produk Wardah sesuai dengan keinginan konsumen, 74% responden menjawab Tidak, produk Wardah membuat penampilan konsumen lebih percaya diri, 58% responden menjawab Tidak, produk Wardah memiliki desain yang sudah menarik dari produk lain, 64% responden menjawab Tidak, dan produk Wardah sudah sesuai dengan harapan, 54% responden menyatakan Tidak.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, 2002. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

http://menurut.blogspot.co.id/2018/11/pengertian-kepuasan-konsumen-menurut.html

Kotler, Philip dan Amstrong, 2018. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Putri, Amanda Dwi, 2021. Kualitas Produk dalam Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Wardah (Studi Kasus Mahasiswi Angkatan 2017 padaSTIE Nasional Banjarmasin). Banjarmasin: STIE Nasional.

Swastha, Basu, 2017. Azas-azas Marketing.Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu dan Hani T. Handoko, 2017. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy, 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.