PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN BUDI DAYA IKAN DI KELURAHAN PURUK CAHU KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

periyadi Periyadi Muhammad Haris Syafitri Junaidi Junaidi

Abstrak

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis (1) Pengaruh biaya promosi yang teridiri atas biaya periklanan, biaya promosi penjualan serta biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan, berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan. (2) Dimensi biaya promosi mana yang lebih besar pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan budi daya ikan oleh kelompok tani pakat sasama. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif serta menggunakan metode analisis dengan SPSS Windows For Data sebagai sebuah alat analisis data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dalam analisis regresi linier berganda didapatkan bahwa biaya promosi yang terdiri atas biaya periklanan, biaya promosi penjualan serta biaya hubungan masyarakat dan pemberitaan, berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap peningkatan penjualan budi daya ikan oleh kelompok tani pakat sasama.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

Angipora, P.M. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi I, Cetakan I. Jakarta : PT
Raja Grafindo Persada.

Angipora, P.M. 2009. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.

Adoe, K.K. 2007. Analisis Pengaruh Biaya Promosi Penjualan Terhadap Volume
Penjualan Produk Tenun Ikat Pada Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kupang.
Jurnal Mitra Vol. XIII, No. 3, pp. 370-379.

Andriyan, R., M. Hubeis dan A. Munandar. 2011. Kelayakan dan Strategi
Pengembangan Usaha Kelompok Pembudidauaan Ikan Melalui Program
Replika Skim Modal Kerja di Kelompok Tani Ikan Mekar Jaya

Boyd, H.W. 2003. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan
orientasi Global, Alih bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Erlangga.

Baharudin, M. 2005. “Variabel-Variabel Dominan Yang Berpengaruh Terhadap
Kebijakan Promosi Kendaraan Roda Empat di Indonesia”. Available from
: http://www.malang.ac.id/jurnal/fe/ips/2003a.htm.

Chasanah, U. 2001. “Analisis Efektivitas Iklan Rinso, Soklin, dan Attack dengan
Menggunakan Consumer Decetion Model (CDM)”. Yogyakarta : STIE

Djarwanto, PS. Dan Pangestu Subagyo, 1997. Statistik Induktif.

Ducan, T. 1993. “A Study of How Manufacturers and service Companies Perceive
and Use Marketing Public Relations”. Journal of Economic Psychology,
Vol. 8 No. 12. Muncie. IN: Ball State University, pp. 4-8.

David, F.R. 2004. Konsep Manajemen Strategis. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cianjur. 2012. Laporan:
Produksi Benih Ikan. Unit Pembenihan Rakyat Kabupaten Cianjur,
Cianjur

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang : Badan Penerbit Undip.

Handoko, T Hani. 1997. Manajemen Edisi II. Yogyakarta : BPFE.


Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi
dan Kontrol. Edisi 9, Jilid I Jakarta: PT Prohalindo.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi
dan Kontrol. Edisi 9, Cet.1 Jakarta: PT. Macana Jaya Cemerlang.

Katke, K. (2007). The Impact of Television Advertising on Child Health &
Family Spending. International Marketing Conference on Marketing &
Society. Retrieved on Dated: 10- 04-2009 from
http://www.itu.int/ITUD/ict/newslog/content/binary/20-2008jpg.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran, Marketing Manajemen, Analisis
Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Bahasa Indonesia.
Jakarta : Prehallindo.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Jakarta : PT Indeks Kelompok
Gramedia.

Kotler, P. 2006. According To Kotler Tokoh Paling Kompeten Dalam Pemasaran
Menjawab Pertanyaan Anda. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok
Gramedia.

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Jakarta : PT Prenhallindo.

Kotler, P. and Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12, Jilid I.
Jakarta : Erlangga

Morissan. 2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit
Ramdina Prakasa.

Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danny. 2009. Analisa Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Media
Pressindo.

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Wicaksana, I.N.G. 2008. “Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan
Kamar Pada Hotel Bakung’s Beach di Kuta, Badung” (tesis). Denpasar :
Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.