PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT LG ELEKTRONIK INDONESIA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Diana Hayati Penta Lestarini Budiati Rizky Aminullah

Abstrak

Abstrak,


       Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan PT LG Elektronik Indonesia.


       Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT LG Elektronik Indonesia, khususnya yang berdomisili di Kota Banjarmasin tahun 2018 yaitu sebanyak 5.205 orang. Selanjutnya, sampel diambil sebanyak 371 orang pelanggan dengan teknik accidental random sampling. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.


       Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan PT LG Elektronik Indonesia.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

Anwar, Sanusi. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Amstrong, Gary. 2018. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi 2014. Prosedur Penelitian: suatu pendekeatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri,Sofian.2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Emory, C. William dan Cooper Donald R. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Endah, Rayi. 2013. Analisis Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi, Universitas Diponegoro.

Gaspersz, Vincent. 2014. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia. Pustaka Utama.

Iskandar. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Ismail, I., Haron, H., Ibrahim, D.N., dan M Isa, S. 2016. “Service Quality, Client Satisfaction, And Loyalty Towards Audit Firm: Perceptions Of Malaysian Public Listed Company”. Managerial Auditing Journal. Vol. 21, No. 7, pp. 738-756.

Istianto, J.Hendra dan Tyra, M.Josephine, 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Makan KETTY RESTO. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius). Volume 1, Nomor 3, September 2012.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No Kep./25/M.PAN/2/2014 tentang Indeks Kepuasan Masyarakat

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin Lane. 2014. Manajemen Pemasara. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Albert. 2013. Belajar Mudah SPSS Untuk Pemula. Yogyakarta: Mediakom.

Laksana, Fajar. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lovelock.C dan Lauren K. Wright. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus Widyantoro. Jakarta; PT. INDEKS.

Moenir, 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Oliver, Riscard L, (2017). Satisfaction A Behavioral Perspective On The. Consumer. Edisi Terjemah. Jakarta: Erlangga.

Parasuramman, 2015. Kualitas Pelayanan. Item Pilihan Untuk Mengukur Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Pelyanan. Jakarta: Erlangga.

Priyatno, Duwi. 2012. Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Rahayu, Iswiyati, 2011. Manajemen Pelayanan Publik. Banjarmasin: LPPK Lareca Mandiri.

Riduwan. 2010. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Soetopo, 2014. Perilaku Organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kialitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarto, 2017. Meningkatkan Komitmen dan Kepuasan untuk Menyurutkan Niat Keluar. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 11 No. 2, September 2017, 116-125

Supranto, Johanes, 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Supraptono, Suryo. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Dr. MURJANI. Tesis, Universitas Gajah Mada.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.

Zeithaml A., V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).