ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMBERIAN KREDIT PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK (STUDI PADA BANK BRI (PERSERO) TBK KANTOR UNIT SYAMSUDIN NOOR)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rory Handriano

Abstrak

Abstrak,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pengelolaan manajemen dibidang Perbankan khususnya yang menyangkut metode Analisis Sistem Informasi keuangan dalam upaya menerapkan prinsip kehati-hatian (Prudential Banking) dalam menyalurkan Kredit oleh salah satu Bank BUMN di wilayah Kalimantan Selatan, dimana secara khusus analisis ini dilakukan untuk mengetahui gambaran nyata, sistematis, dan akurasi dalam hal Penyaluran Kredit.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk melihat sistem informasi pemberian kredit yang memadai dan dapat diterapkan secara komprehensif pada PT BRI (Tbk) Kantor Unit Syamsudin Noor, agar tingkat risiko kredit bermasalah / Non Performing Loan (NPL) dapat berkurang.
Penelitian ini menemukan bahwa teknis Penyaluran kredit oleh PT BRI (Tbk) Kantor Unit Syamsudin Noor masih belum tepat. Ini disebabkan karena faktor jumlah atau keahlian SDM yang tersedia masih terbatas, dan belum adanya pemeriksaan mendadak (Supriser Auditor) untuk melihat data-data yang diperlukan, sehingga seringkali terjadi penyalahgunaan wewenang. Prosedur verifikasi data, wawancara langsung dengan calon nasabah, dan melakukan transaksi agunan yang seringkali dilakukan oleh bagian customer service (karena kekurangan SDM) mengakibatkan terjadinya double data verifikasi, dimana dari unsur dokumen terdapat syarat atau data yang terlewatkan yang tidak diminta oleh customer service. Disisi pelaksanaan kunjungan langsung (On The Spot) ke tempat calon debitur masih belum dilakukan secara optimal, sehingga prinsip kehati-hatian dan operasional bank tidak berjalan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

Abdullah, Faisal, 2005. Manajemen Perbankan, Cetakan Ketiga, UMM Press, Malang.Direktorat Penelitian dan Pengaturan Pebankan,

Bank Indonesia, 2001. Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI), Revisi 2001, Jakarta

Bank Indonesia, 2001. Surat Edaran Bank Indonesia Nomor SE No.3/30/DPNP tanggal 14 Desember 2001. www.bi.go.id.

Hasibuan, Malayu, 2001. Dasar-Dasar Perbankan, Edisi Pertama, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Kuncoro dan Suhardjono, 2002, Manajemen Perbankan (Teori dan Aplikasi), Edisi Pertama, Penerbit BPFE, Yogyakarta

Bank Indonesia, 2004. Surat Edaran Bank Indonesia Nomor SE No.6/23/DPNP tanggal 31 Mei 2004. www.bi.go.id.

Gusnita, Sari. 2008. Analisis Kredit Ditinjau Dari Posisi Non Performing Loan Pada Bank Mandiri Cabang Medan. Universitas Sumatera Utara : Medan

Kasmir, 2011. Manajemen Perbankan, Edisi Revisi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakara

Mulyadi. 2008. Auditing. Edisi Enam. Jakarta: Salemba Empat.