PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP NIAT BELI PRODUK DI SHOPEE INDONESIA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Adrieta Kirana Putri Are Retno Setyorini

Abstrak

Abstrak,          


       Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Electronic Word of Mouth dan kepercayaan konsumen terhadap niat beli produk di Shopee Indonesia baik secara simultan maupun parsial.


       Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kausal dengan metode penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yaitu pengguna aplikasi Shopee yang pernah melakukan pembelian melalui e-commerce Shopee di seluruh Indonesia, dengan menggunakan metode non-probability sampling.  


       Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Electronic Word of Mouth dan kepercayaan konsumen terhadap niat beli produk di Shopee Indonesia sebesar 21,8% sedangkan sisanya sebesar 78,2% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

Armayanti, N. 2012. Gambaran Kepercayaan Konsumen Terhadap Pembelian Melalui Media Internet. Universitas Sumatera Utara.

Avriyanti, Dewa Ayu Mitha., Kusumawati, Andriani., Nuralam, Inggang Perwangsa. (2018). The Influence Of Electronic Word Of Mouth On Consumer Trustworthiness ad Purchase Intention (Survei on Followers Instagram of @Zaloraid), 61, 137-144. Diunduh pada 05 Oktober 2018.

Cheung, Christy M.K. & Dimple R. Thadani. 2010. The Effectiveness of Electronic Word-of-Mouth Communication: A Literature Analysis. 23rd Bled eConference eTrust: Implication for the Individual, Enterprises and Society,Juni, pp 20-23.

Chunling, Yu and Tang Xu. 2010. “The cons-truct and Influence of word of mouth:-Receiver Perspectives”. School of Economics and Management, Tsinghua University, Beijing, P.R.China pp 182-186.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Andi.

Jalilvand, M. R. dan Samiei, N. 2012."The Effect of Electronic Word of Mouth On Brand Image and Purchase Intention: An Empirical Study in the Automobile Industry in Iran", Marketing Intelligence & Planning, Vol. 30 Iss: 4 pp. 460 – 476.

Kamtarin, Milad. 2012. The Effect of Electronic Word of Mouth, Trust and Perceived Value on Behavioral Intention from the Perspective of Consumers, 1, pp 56-66.

Khan,I. Et.al. 2012. Impact of Brand Related Attributes on Purchase Intention of Customers. A Study About the Customers of Punjab, Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business.

Kusuma, Jessica. W dan Sari, Dewi Purnama. 2014. Analisis Pengaruh EMarketing dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV Muda Kreasi Mandiri. Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Lin, Chinho et.al. 2013. Electronic Word-Of-Mouth: The Moderating Roles Of Product Involvement And Brand Image. International Conference on Technology Innovation and Industrial Management. Phuket Thailand.

Mujiyana. dan Elissa. 2013. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@TI Undip. Vol. 8. pp 3.

Priyatno, Duwi. 2012. Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS. Gava Media.

Shopee e-commerce, 2018. Tersedia di: https://www.seagroup.com/products/shopeediakses 16 September 2018.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutisna. 2010. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Sumarwan, Ujang dkk. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen : Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Risiko. PT Penerbit IPB Press.

Z, Syafaruddin. Suharyono., Kumadji, Srikandi., 2016. Pengaruh Komunikasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan (Trust) dan Niat Beli (Purchase Intention) Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian, Januari, pp 65-72.

Zafar, Qurat Ul Ain dan Mahira Rafique. 2013. Impact of Celebrity Advertisement on Customers Brand Perception and Purchase Intention. Asian Journal of Business and Management Sciences, 1, pp 53-67.