PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA (SURVEI PADA PENGGUNA JASA PENGGUNA SISTEM APLIKASI INAPORTNET YANG TERDAFTAR DI KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS I BANJARMASIN)
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Abstrak,
Penelitian ini bertujuan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem Inaportnet yang terdaftar di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Jasa Pelabuhan Kelas I Banjarmasin. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas sistem dan kualitas informasi. Sementara variabel dependennya adalah kepuasan pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 karyawan dari 241 perusahaan pengguna Inaportnet. Data diperoleh dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sampel yang digunakan menggunakan teknik random sampling dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna secara parsial dan simultan.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Referensi
................., 2003. The DeLone and McLean Model Of Informasi System Success. A Ten Year Update: Journal of Management Informasi System.
Fendini, K. R. 2010. Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna. Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guimaraes, T., D.S. Staples dan J. D. McKeen. 2007. Assesing the Impact From Information System Quality, Quality Management Journal, 14(1): 30-44.
Istianingsih, dan S.H Wijayanto, I. d. 2008. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefulness, dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi. Pontianak: Simposium Nasional Akuntansi XI, Hal: 1-51.
Jogiyanto. 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kirana, Gita G., 2010. Analisis Perilaku Penerimaan Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-Filling (Kajian Empiris di Wilayah Kota Semarang). Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.
Livary, Juhani, 2005. An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System Succes. Database for Advance in Informasi System (DFA). ISSN: 1532-0936. Volume 36 Proquest Company.
Lina. 2007. Pengaruh Perbedaan Individual dan Karakteristik Sistem Informasi Pada Penerimaan Penggunaan Teknologi Informasi E-Library. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia: Vol. 22, No 4, h 447-465.
Nurtanio, Andi Muhammad Novian. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi,dan Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanPemakai Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah pada Pemerintahan Kota Palopo. Skrpsi. Makasar: Universitas |Hasanuddin.
Rahmawati. 2015. Pengaruh Kualitas Informasi dan Kualitas Sistem Informasi terhadap Kepuasan Serta Kinerja Pengguna Sistem Informasi. Yogyakarta: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Yogyakarta.
Risdiyanto, Anggih. 2014. Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna pada Sistem Informasi Klinik. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Saputri. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Paket Program Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wirahutama, Gomar, 2011. Ambiguitas Peran sebagai Variabel Moderasi Terhadap Hubungan Antara Kualitas Sistem Informasi dan Kepuasan Pengguna Software Akuntansi pada DPKAD Kota Semarang, Skripsi, UNDIP, Semarang
Wulandari, Dwi, 2017. Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Filling. Banjarmasin: Skripsi STIENAS Banjarmasin.
www.skatel-xiv-121969.blogspot.co.id, diakses pada tanggal 25 April 2018
www.antariksawansepty.blogspot.co.id, diakses pada tanggal 25 April 2018
