PENGARUH KUALITAS PRODUK DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI (Studi Kasus pada Mahasiswa STIE Nasional Banjarmasin)
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Smartphone Xiaomi mahasiswa angkatan 2014-2015 STIE Nasional Banjarmasin. Variabel terikat pada penelitian ini adalah keputusan pembelian sedangkan variabel bebas adalah kualitas produk yang terdiri dari kinerja, keandalan, fitur, daya tahan, kesesuaian, dan desain.
Populasi dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa angkatan 2014-2015 yang menggunakan Smartphone Xiaomi yang berjumlah sebanyak 40 orang.
Hasil dari penelitian ini adalah variabel kinerja (X1), keandalan (X2), fitur (X3), daya tahan (X4), kesesuaian (X5) dan desain (X6) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) karena t hitung yang lebih besar dari t tabel. Sementara untuk nilai F hitung adalah sebesar 26,521 sedangkan F tabel dengan tingkat kepercayaan 95 % atau taraf nyata 0,05 adalah sebesar 3,988 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa variabel kinerja (X1), keandalan (X2), fitur (X3), daya tahan (X4), kesesuaian (X5) dan desain (X6) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Simpulan penelitian menemukan bahwa 1. Variabel kinerja (X1), keandalan (X2), fitur (X3), daya tahan (X4), kesesuaian (X5) dan desain (X6) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). 2. Secara parsial, Variabel kinerja (X1), keandalan (X2), fitur (X3), daya tahan (X4), kesesuaian (X5) dan desain (X6) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y).
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Referensi
Arikunto. 2002. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta
Irawan, Handi, 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Prehallindo.
Kotler, Philip 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas, Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid I. Jakarta: Glora Aksara Pratama.
Lamb, Hair, McDaniel, 2001. Manajemen Pemasaran (Edisi Bahasa Indonesia). Jilid Pertama, Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat, 2001 Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Swastha, Basu, 2006. Azas- azas Marketing, Edisi 3. Yogyakarta: Liberty.
Swastha, Basu dan Handoko, T. Hani, 2007. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Tiga. Yogyakarta: Liberty.
