PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL AHASS TRIO MOTOR PERINTIS BANJARMASIN
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Abstrak,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y), serta untuk mengetahui kualitas pelayanan manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel AHASS Trio Motor Perintis Banjarmasin.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada tahun 2015 yang berjumlah 34.092 orang. Sampel diambil sebesar 110 pelanggan secara accidental sampling. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel bukti langsung (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Variabel daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel bukti langsung (X1) dan keandalan (X2) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan.Variabel jaminan (X4) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Bengkel AHASS Trio Motor Perintis Banjarmasin.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Referensi
Ghozali, Imam, 2012. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponeggoro.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Susanto, A. B., 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.
Jakarta: Salemba Empat.
Laksana, Fajar, 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Moenir Priyatno, Dwi, 2009. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Ratminto dan Waniarsih, 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sakeran, Uma, 2006. Research Methods For Business, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.
STIE Nasional, 2011. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi Revisi Pertama. Banjarmasin: STIE Nasional.
Sugiono, 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
............., 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung.: Alfabeta.
Suryani, Tatik, 2008. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunyoto, Danang, 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Tjiptono, Fandy, 1997. Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.
........................., 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
........................., 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: Andi.
