PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEBERMANFATAAN, RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA PT BANK BUKOPIN Tbk BANJARMASIN

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ruslinda Agustina Rizki Amalia Afriana Arisa Safrina

Abstrak

Abstrak,


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris apakah terdapat pengaruh persepsi kemudahan, kebermanfaatan, risiko dan kepercayaan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking pada PT Bank Bukopin, Tbk Banjarmasin.


Teknik penarikan sampel menggunakan sampling insidential, dengan membagikan kuisioner kepada nasabah yang secara incidental bertemu dengan peneliti sebanyak 73 responden yang menggunakan internet banking pada bulan November dan Desember 2017. Pengolahan data dengan bantuan alat uji SPSS versi 16.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan berpengaruh terhadap minat nasabah menggunakan internet banking, hal ini dikarenakan nasabah beranggapan dengan menggunakan internet banking sangat memiliki manfaat sehingga nasabah berminat untuk menggunakan internet banking tersebut. Sementara persepsi kemudahan, risiko dan kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menggunkan internet banking, hal ini dikarenakan nasabah merasa tidak mudah dan kurang mengerti untuk menggunakan internet banking, kemudian nasabah merasa dengan menggunakan internet banking tidak memiliki risiko dan dapat memberikan informasi yang baik bagi nasabah, dan adanya rasa kekhawatiran nasabah dalam menggunakan internet banking sehingga nasabah kurang percaya untuk menggunakan internet banking tersebut.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Artikel

Referensi

Andriyano. (2014). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko Dan Kpercayaan Terhadap Minat Menggunakan Rekening Ponsel (Studi Kasus Pada Nasabah CIMB Niaga Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta, 53.

Ashur, M. (2016). Pengaruh Dukungan Sosial, Persepsi Risiko Dan Interaksi Sosial Terhadap Kepercayaan Dan Niat Pembelian Konsumen Pada Media S-Commerce (Studi Kasus Pada Konsumen S-Commerce Di Indonesia). Jurnal Bisnis Dan Manajemen Vol.3 No.1.

Cahyo. (2014). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan Dan Persepsi Kemudahaan Penggunaan Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Febriansyah. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Internet Banking Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang USU Medan. Skripsi.

Fullah. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan Dan Persepsi Kemudahaan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking Bank BRI (studi kasus pada seluruh nasabah Bank BRI Jakarta).

Jogiyanto. (2007). Sistem Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

________. (2008). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Narastuti, W. (2011). Teknologi Perbankan. Jakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suyanto. (2005). Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis Edisi 1. Yogyakarta.

Taroreh, O., Jorie, R. J., & Wenas, R. (2015). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Jasa Asuransi Pada Jasindo Manado. Jurnal EMBA Vol.3 No.3.

Wibowo. (2008). Kajian Tentang Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Universitas Budi Luhur.

Yudha, H. N. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Nasabah Perbankan Terhadap Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Perbankan Yang Menggunakan Internet Banking Di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi.